Panduan Dasar Cara Menghias Blog Blogger

Bagaimanan Cara Menghias Blog Blogger ?

Oke sobat, pada kesempatan ini saya akan menuliskan panduan dasar cara menghias blog blogger menggunakan widget untuk blog yang sudah disediakan blogger.

Widget blog merupakan sebuah alat yang bisa kita gunakan untuk menghias blog, ada banyak widget untuk blog yang bisa dipasang pada blog blogger sebagai hiasan yang akan mempercantik blog kita.

Mungkin panduan dasar cara menghias blog blogger menggunakan widget untuk blog yang sudah disediakan blogger ini tidak diperlukan lagi untuk mereka yang sudah lama menggunakan blogger.

Pada artikel ini saya akan menuliskan bagaimana cara menghias blog blogger menggunakan fasilitas widget / gadget yang sudah ada pada blogger.

Ada banyak widget untuk blog yang sudah ada pada blogger dan kita tinggal menggunakannya saja, di antara widget blog tersebut adalah widget featured / pos yang di unggulkan (widget baru), widget artikel populer, widget menu, widget arsip, widget label, widget statistik blog, dan masih banyak widget lainnya.

Selain widget blog yang sudah tersedia tersebut kita juga bisa memasang widget lainnya yang tidak tersedia di sana, seperti widget jam, widget kalender, widget animasi, widget social media untuk blog, dan widget blog lain.

Cara Menghias Blog Blogger Menggunakan Widget Untuk Blog Yg Sudah Ada

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa blogger sudah menyediakan banyak widget yang bisa kita gunakan dan pasang kapan saja, kita tinggal memilih widget yang dirasa perlu untuk kita pasang sebagai hiasan blog. Dan berikut daftar widget dasar yang disediakan pihak blogger untuk penggunanya.
Panduan Dasar Cara Menghias Blog Blogger
Oke, mari kita mulai panduan dasar cara menghias blog blogger menggunakan widget blog yang sudah disediakan blogger.

Berikut langkah - langkah yang harus dilakukan untuk menghias blog menggunakan widget yang sudah ada :

Pertama silakan masuk ke dasbor blogger

Kemudian buka halaman Tata Letak
Panduan Dasar Cara Menghias Blog Blogger
Maka sobat akan melihat susunan tata letak blog kurang lebih seperti gambar dibawah (ini tergantung template blogger yang digunakan).
Panduan Dasar Cara Menghias Blog Blogger
Di halaman Tata Letak tersebut sobat bisa melihat kolom-kolom gadget / widget yang bisa digunakan untuk memasang widget sebagai hiasan blog dengan tulisan Tambahkan Gadget. Setelah itu maka akan keluar jendela baru.

Dan pada jendela baru tersebut sahabat/i akan melihat daftar widget untuk blog yang tersedia, silakan pilih widget yang ingin sobat gunakan, caranya klik Nama widget untuk blog tersebut atau bisa juga klik icon Tambah (+) yang ada pada sebelah kanan, maka setelah itu sobat akan dibawa ke halaman pengaturan widget / gadget tersebut, apabila sudah selesai mengaturnya jangan lupa klik Simpan.
Misalnya sobat ingin menampilkan daftar label (kategori) artikel yang ada pada blog blogger sobat, maka akan ada pengaturan widget label seperti yang terlihat digambar berikut
Panduan Dasar Cara Menghias Blog Blogger
Pada pengaturan tersebut sobat dapat mengatur untuk menampilkan seluruh label atau sebagian label yang dipilih saja, selain itu sobat juga dapat menentukan susunan label berdasarkan susunan abjad (a,b,c,dst) atau berdasarkan frekuensi, menentukan untuk menampilkannya dalam bentuk list / daftar bisa juga menggunakan gaya cloud, serta menentukan apakan ingin menampilkan jumlah artikel yang menggunakan label tersebut.
Jika sudah selesai mengaturnya jangan lupa klik Simpan.

Cara Menghias Blog Blogger Dengan Widget Blog Lainnya

Walaupun blogger sudah menyediakan bayak widget untuk blog, namun masih ada banyak widget lain yang kita pasang untuk menghias blog blogger kita.

Dan untuk menambahkan widget exeternal / widget yang tidak tersedia di blogger, maka cara yang harus dilakukan sama saja dengan cara yang sudah saya tuliskan di atas.

Bedanya adalah pada widget yang dipilih, widget yang harus dipilih untuk menambahkan widget external adalah widget HTML/JavaScript.

Setelah mengklik widget HTML/Java Script tersebut maka di sana terdapat kolom Konten / Content yang mana kolom itulah tempat kita memasang kode widget external.

Cara mengedit, menghapus, dan memindahkan widget blog yang sudah terpasang

Setelah berhasil menghias blog kita dengan beberapa widget, maka kita juga perlu mengetahui bagaimana cara mengedit, memindahkan, dan menghapus widget yang sudah terpasang.
Cara mengedit / menghapus widget : Klik tulisan Edit pada widget / gadget yang ingin kita edit atau hapus, maka akan keluar jendela baru, silakan tentukan sendiri, apakah ingin mengedit-nya saja atau menghapus widget tersebut.

Cara memindahkan widget ke posisi lain dengan cara mengarahkan kursor ke widget yang ingin kita pindahkan, kemudian klik kiri pada Mouse, setelah itu silakan tarik ke posisi lain yang diinginkan, terakhir klik menu Simpan setelah, letaknya pada bagian kanan atas di sebelah menu Pratinjau (lihat gambar)
Panduan Dasar Cara Menghias Blog Blogger
Nah itulah panduan dasar cara menghias blog blogger, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Widget Animasi Bergerak Untuk blog

Script Efek Teks Pelangi Membuat Tulisan Warna Warni Di Blog

Cara Membuat Efek Loading di Blog - 19 Animasi Loading Gif